Rabu, 18 Maret 2015

PEMBELAJARAN



TUGAS INDIVIDU
Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran
untuk KD 1.6 Tentang Meneladani Kepahlawanan
dan Patroitisme Tokoh-Tokoh di Lingkungannya
Kelas 4 SD Semester 1

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Konsep Dasar IPS SD
Dosen : Dra.Mujinem, M.Hum


Disusun oleh :
Yuniliana Nurafni Renaldiyanto
14108241139 


Kelas 2C

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN PENDIDIKAN PRA DAN SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2015



KD 1.6 Tentang Meneladani Kepahlawanan
dan Patroitisme Tokoh-Tokoh di Lingkungannya
Keterangan
Contoh Tindakan dalam Pembelajaran
v  Pendekatan Pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu
Sebagai contoh Guru melakukan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach).
Guru bertanya pada siswa, ‘Siapakah yang disebut pahlawan?’ lalu ‘Apa itu patriotisme?’
Dengan cara ini, terjadi interaksi dan keaktifan pada siswa untuk menjawab pertanyaan Guru, kemudian siswa dapat mempresentasikan di depan kelas tentang apa itu ‘pahlawan’ dan ‘patriotisme’ menurut mereka. Dengan student centered approach ini diharapkan siswa dapat lebih paham dan mudah menagkap suatu gambaran tentang materi yang disampaikan
v  Strategi Pembelajaran merupakan suatu rencana yang dipersiapkan secara seksama untuk mencapai tujuan-tujuan belajar
Menyiapkan bentuk bahan ajar yang berkaitan dengan KD terkait sebagai contoh adalah gambar atau animasi berupa video pahlawan nasional serta biografi dan pengaruhnya terhadap Indonesia.
v  Metode Pembelajaran adalah cara yang digunakan guru, yang dalam menjalankan fungsinya dan merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran
Memperkenalkan tokoh-tokoh pahlawan dan patriotiknya serta keteladanan apa yang dapat dicontoh. Kemudian Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi tentang siapa seorang pahlawan / tokoh yang menginspirasi siswa di lingkungannya (keluarga, kampung halaman, sekolah, dsb)


v  Teknik Pembelajaran merupakan jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik kearah tujuan yang ingin dicapai (Gerlach dan Ery 1980)

Guru menggunakan media Wayang, membuat Opera mini / drama untuk siswa tentang kepahlawanan, Animasi gerak, Dongeng, ataupun kisah-kisah kepahlawanan dan patriotik yang menginspirasi
v  Model Pembelajaran merupakan cara / teknik penyajian yang digunakan Guru dalam proses pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran
Ada beberapa model-model pembelajaran seperti ceramah, diskusi, demonstrasi, studi kasus, bermain peran (role play) dan lain sebagainya. Dalam KD 1.6 Tentang Meneladani Kepahlawanan
dan Patroitisme Tokoh-Tokoh di Lingkungannya ini, Guru dapat melakukan suatu model pembelajaran dengan diskusi dan bermain peran. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk membuat sebuah diskusi terkait dengan materi atau membuat beberapa kelompok drama untuk selanjutnya di tampilkan di depan kelas, dengan cara ini pembelajaran menjadi menyenangkan dan lebih bervariasi, sehingga siswa dapat menangkap suatu materi dengan baik dan tidak menjenuhkan



 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar